Dasar dasar bisnis affiliate

Jika kita ingin mempunyai pendapatan dengan media internet namun tidak mempunyai apapun untuk dijual, maka Affiliate Program adalah solusinya. Apa itu affiliate program/ associate program/program affiliasi? Affiliate Program merupakan suatu bentuk kerjasama bisnis dimana kita bertindak sebagai "penghubung" antara penyedia produk atau layanan tertentu dengan costumer-costumer mereka . Jika satu atau beberapa costumer tersebut melakukan transaksi, maka kita sebagai affiliate mendapatkan kompensasi atas kerja yang kita lakukan (komisi).

Berikut ini adalah alasan alasan kenapa kita bergabung sebagai affiliate:

  • Tidak ada biaya produksi.

  • Biaya untuk memulai bisnis ini relatif rendah.

  • Tenaga kerja yang dibutuhkan relatif sedikit jika dibandingkan dengan bisnis konvensional.
  • Anda bisa mengerjakan bisnis ini kapanpun, dan dimanapun anda berada. Tidak terikat waktu dan tempat.
  • Berpotensi mendatangkan penghasilan tanpa henti.
  • Berpotensi mendapatkan pendapatan yang tidak terbatas. Jika anda melakukannya dengan konsisten, dan pantang menyerah.

Ada tiga tipe affiliate program, mari kita simak bersama sama:

  • Pay Per Sale program, dengan bergabung melalui tipe ini kita akan mendapatkan komisi sesuai dengan jumlah produk atau layanan yang berhasil kita jual melalui link refferal kita.
  • Pay Per Lead program, dengan bergabung melalui tipe ini kita akan mendapatkan komisi sesuai dengan jumlah orang yang mengisi form (isian), survey, atau sign up terhadap layanan yang diberikan.
  • Pay Per Click program, dengan bergabung melalui tipe ini kita akan mendapatkan komisi sesuai dengan jumlah klik terhadap link refferal yang diberikan oleh merchant kepada kita.

Berarti yang paling mudah untuk mendatangkan uang adalah Pay Per Click program, namun uang yang didapatkan sedikit. Kebalikannya daripada Pay Per Sale, paling susah untuk mendapatkan pembelinya tetapi uangnya juga cakep. Mana yang mau anda pilih?

Selain ketiga diatas itu anda akan tertarik dengan apa itu Lifetime Commission Affiliate Program atau Recurring Commission Affiliate Program.

Nah sudah mulai paham kan, kebanyakan Affiliate Program Provider (APP) menyediakan program program tersebut diatas dengan gratis. Berikut ini daftar affiliate program network yang terkenal, namun beberapa diantaranya tidak menerima pendaftaran dari indonesia, tapi tidak usah khawatir banyak yang masih menerima peserta dari indonesia.

Bagaimana memilih affiliate program yang paling cocok untuk anda?

Berikut ini adalah faktor-faktor yang mesti anda pertimbangkan:

  • Relevansi: Carilah affiliate program yang sesuai dengan tema dari website anda.
  • Kualitas dan Stabilitas: Pilihlah affiliate program dari perusahaan yang reputasinya bagus. Salah satunya bisa dilihat dari lamanya mereka berdiri, dan jumlah affiliate marketer yang sudah terdaftar. Juga pertimbangkan apakah mereka mempunyai contact support yang khusus menangani anda.
  • Komisi: Pilihlah affiliate program yang memberikan komisi yang tinggi dan memberikan kebebasan dalam pengambilan komisi, baik dari metoda pembayarannya maupun frekuensi pembayarannya. Selain itu akan lebih baik jika memilih affiliate program yang memberikan komisi seumur hidup/lifetime commission artinya konsumen yang tercipta berkat kerja anda, maka konsumen itu menjadi milik anda selamanya.

Setelah itu, selanjutnya adalah bagaimana memasarkan produk/service yang mereka tawarkan.

1.Membuat sebuah situs penawaran

Layaknya seorang salesman, anda harus belajar bagaimana mereka(calon costumer/pengunjung situs anda) akan tertarik ke produk/service yang anda tawarkan melalui situs tersebut? Bagaimana produk/service tersebut bisa memecahkan masalah dari pengunjung situs anda? Bagaimana perbandingan harganya dari produk/service sejenis di pasaran? Jika pengunjung situs anda membeli produk/service yang anda tawarkan, apa nilai lebihnya bagi mereka dengan membeli kepada anda? Apakah ada garansi jika costumer tersebut tidak puas terhadap produk/service yang anda tawarkan? Terus perlu diperhatikan pula, seberapa mudah mereka berhubungan dengan anda?

Oh ya, jangan dilupakan bahwa yang kita hadapi adalah orang yang nyata, jadi usahakan membuat kata-kata marketing yang efektif pada situs penawaran tersebut. Anggaplah ini sebuah pertemuan one to one dengan calon costumer anda.

2. Menggunakan PPC advertising

Salah satu contohnya anda bisa menggunakan Google Adwords, Yahoo Search Marketing dan MSN Adcenter. Hal yang perlu dipikirkan di antaranya adalah bagaimana anda membuat iklan yang efektif dan bagaimana meningkatkan rasio konversi perjualan yang tinggi - jumlah sales/penjualan dibagi dengan jumlah klik yang terjadi dikali 100%- semakin tinggi sales conversion iklan anda maka semakin baik. Selain itu perlu diperhitungkan ROI (Return on investment) nya dari periklanan ini, berapa komisi dari affiliate program yang anda dapatkan terhadap biaya yang anda keluarkan untuk beriklan untuk suatu jangka waktu tertentu misalnya satu bulan. Untuk tip-tip berharga lainnya anda bisa baca di bagian Google Adwords

3. Membuat Situs Perbandingan Harga

Banyak merchants dari berbagai affiliate network yang menyediakan katalog produk (product datafeed) untuk para affiliate marketernya.

Yang kita lakukan adalah membuat situs perbandingan harga diantara merchant-merchant tersebut yang sejenis. Sebagai contoh situs yang seperti itu adalah parikesit.com - yang disusun dari berbagai katalog produk cj,shareasale, dan linkshare.

Untuk keperluan beriklan supaya lebih hemat anda bisa gunakan voucher - voucher iklan seperti voucher untuk google adwords, yahoo search marketing, atau msn adcenter. Anda bisa gunakan advertising vouchers ini yang diupdate setiap saat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar